Kompetensi

Kompetensi adalah kapabilitas yang dimiliki oleh seorang individu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki, sesuai dengan standar kinerja yang telah ditentukan, dan capaiannya bisa diukur. Kompetensi yang ingin dibekalkan kepada Lulusan Srata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi disusun dan dikembangkan berdasarkan Profil Lulusan. Kompetensi dikelompokkan menjadi 4 (empat) aspek Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Learning Outcome (PLO), yaitu: Pengetahuan, Keterampilan Khusus, Keterampilan Umum, dan Sikap.

Pengetahuan
  1. [ILO01-P] Lulusan mampu mengetahui bagaimana cara menyusun program pembelajaran berdasarkan teori-teori dan praktik kependidikan, serta teori perkembangan peserta didik baik untuk lingkungan pembelajaran nyata maupun simulasi secara ilmiah.
  2. [ILO02-P] Lulusan mampu menentukan dan menggunakan berbagai produk sistem atau teknologi informasi untuk mendukung atau mentransformasi proses literasi teknologi informasi dan perbaikan kualitas data, informasi, maupun pengetahuan yang dibutuhkan.
  3. [ILO03-P] Lulusan mampu menentukan, mengimplementasikan, dan mengelola program pembelajaran dengan cara terbaik untuk mengajar atau melatih bidang studi teknologi informasi berdasarkan karakteristik peserta didik, ruang belajar, dan sumber daya yang tersedia.
  4. [ILO04-P] Lulusan mampu meningkatkan kualitas dan melakukan transformasi terhadap isi dan kegiatan program pembelajaran bidang studi teknologi informasi melalui kegiatan rekayasa, integrasi, maupun pengolahan data menggunakan sistem atau teknologi informasi.
Keterampilan Khusus
  1. [ILO01-KK] Lulusan mampu mengetahui bagaimana cara menggunakan prinsip-prinsip rekayasa, integrasi, dan pengolahan data atau informasi menggunakan sistem atau teknologi informasi untuk menyolusikan permasalahan manajerial pada konteks organisasi kependidikan.
  2. [ILO02-KK] Lulusan mampu mampu mengembangkan produk yang bersifat interaktif dan inovatif untuk mendukung proses literasi teknologi informasi berdasarkan prinsip-prinsip multimedia dan teori kognitif.
  3. [ILO03-KK] Lulusan mampu mampu menentukan dan menggunakan teknik analisis prediktif sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menyolusikan permasalahan yang muncul di dalam proses pembelajaran maupun praktik manajemen pendidikan.
  4. [ILO04-KK] Lulusan mampu meningkatkan pengalaman belajar dan hasil belajar bidang studi teknologi informasi menggunakan rekayasa, integrasi, maupun pengolahan data melalui pengelolaan dan pemanfaatan sistem atau teknologi informasi.
Keterampilan Umum
  1. [ILO01-KU] Lulusan mampu mengembangkan karir profesional dalam rumpun keilmuan komputer berdasarkan aspek kinerja bermutu, pengambilan keputusan berbasis data, bertanggung jawab, dan senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan.
  2. [ILO02-KU] Lulusan memiliki kemampuan untuk berpikir komputasi, berpikir desain, melakukan pengkajian dan penulisan ilmiah serta mampu menerapkan nilai-nilai technopreneurship dalam menciptakan inovasi produk sistem atau teknologi informasi.
Sikap
  1. [ILO01-S] Lulusan mampu menunjukkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara.
  2. [ILO02-S] Lulusan memiliki kemampuan untuk bersikap ilmiah, bekerja secara kolaboratif, memiliki sikap profesionalisme, serta mampu beradaptasi dengan baik di dalam situasi kerja kelompok maupun individu.

Share