Beasiswa Ritsumeikan University

ritsumeikan-logo-1Ritsumeikan University Jepang saat ini membuka proses rekrutmen penerima beasiswa untuk para pelajar asing dari luar Jepang. Dua macam beasiswa yang ditawarkan adalah sebagai berikut: Monbukagakusho Scholarship for Overseas International Degree-seeking Students and International Research Students merupakan beasiswa dari Pemerintah Jepang yang diberikan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang kepada seluruh pelajar di negara-negara yang memiliki hubungan kerjasama diplomatik dengan Pemerintah Jepang. Syarat dan ketentuan umum:
  1. Memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2, S3, ataupun research student program 
  2. Merupakan warga negara dari negara yang memiliki hubungan kerjasama diplomatik dengan Pemerintah Jepang
  3. Belum pernah masuk ke Jepang untuk tujuan studi
  4. Lahir pada tanggal 2 April 1978 atau setelahnya
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Sanggup tiba di Jepang pada tanggal yang telah ditentukan, sekitar pertengahan bulan September 2013
Special Encouragement Scholarship Admission for International Students (100% Tuition Reduction) merupakan beasiswa dari Ritsumeikan University yang memberikan 100% pembebasan biaya kuliah bagi pelajar yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu. Syarat dan ketentuan umum:
  1. Tidak berkewarganegaraan Jepang
  2. Belum pernah masuk ke Jepang untuk tujuan studi
  3. Memiliki visa pelajar dan ijin tinggal di Jepang, sebelum mendaftar di Ritsumeikan University
Pengajuan aplikasi untuk kedua beasiswa tersebut di atas dibuka mulai  5 November s/d 3 Desember 2012. Informasi lebih lanjut tentang syarat khusus dan cara pengajuan aplikasi beasiswa dapat dilihat di tautan berikut, atau kunjungi website http://www.ritsumei.ac.jp/eng/html/admissions/financial.html/  

Share