Sejarah

Program Magister Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 595/E/O/2014 tertanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program-program Studi pada Universitas Brawijaya di Malang. Dengan menggunakan konsep penerimaan mahasiswa pada setiap semester, maka penerimaan mahasiswa dan perkuliahan perdana diadakan pada Semester Genap 2014/2015. Peresmian pembukaan Program Magister Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya dilakukan oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. sebagai sebuah agenda khusus dalam sebuah acara besar UB IT Solution Innovation Gathering 2015 pada tanggal 14 Januari 2015. Acara tersebut untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya dalam rangka mempertemukan dunia kampus dan industri untuk:

(i) menambah wawasan keilmuan terkini (state-of-the-art) di bidang Ilmu Komputer/Informatika bagi para akademisi dan praktisi dalam bentuk Guest lectures dari para pakar yang berkompeten;

(ii) menampilkan berbagai hasil riset dan produk unggulan dari para akademisi dan praktisi Teknologi Informasi; dan

(iii) menjajagi berbagai kemungkinan kolaborasi riset antara keduanya.

Dengan struktur pendidikan magister yang baru diterapkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 049 Tahun 2014 dan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 526/E.E3/MI/2014) yang lebih banyak penekanan pada sisi riset, maka kolaborasi riset dengan dunia industri menjadi penting dalam rangka untuk lebih mengarahkan hasil-hasil riset mahasiswa magister untuk bisa lebih bermanfaat luas di industri dan masyarakat yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan bangsa. Lebih jauh, kolaborasi tersebut dimungkinkan untuk menarik dunia industri agar lebih berperan dalam mendukung program-program riset di dunia kampus secara umum, yang bisa diwujudkan dalam bentuk dukungan dana, fasilitas, informasi, data, dll.

Share