Program Structure

Pendidikan program magister ini dilakukan dalam bentuk perkuliahan langsung yang mewajibkan mahasiswa untuk hadir dalam sebuah perkuliahan di kelas. Disamping itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan riset sesuai dengan bidang yang diminatinya di bawah arahan dari para pembimbing yang relevan untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tesis magister.

Beban studi yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa magister adalah 47 SKS yang terdiri dari kurang lebih 32 SKS untuk kuliah dan 15 SKS untuk riset. Masa studi yang dimungkinkan akan dijalani oleh para mahasiswa dengan beban studi tersebut adalah 1,5 (satu koma lima) sampai 4 (empat) tahun.

Program Magister Ilmu Komputer/Informatika terdiri dari 4 (empat) bidang minat, yaitu

  1. Sistem Cerdas (Intelligent Systems – IS), yang akan fokus pada pengembangan dan penerapan algoritma cerdas untuk membangun sistem - sistem cerdas.
  2. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering – SE), yang berhubungan dengan penggunaan pendekatan yang sistematis, metodis dan profesional untuk membangun produk software-intensive solution yang berkualitas baik.
  3. Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak (Media, Game and Mobile Technologies – MGM), yang akan berkaitan dengan pengembangan teknologi terkini (state-of-the-art) dan aplikasi multimedia, game dan piranti bergerak yang berkualitas.
  4. Jaringan Berbasis Informasi (Information-Centric Networking – ICN), yang akan fokus pada pengembangan dan implementasi infrastruktur internet terkini (state-of-the-art) yang mampu mengelola informasi berkuran besar.

Bidang-bidang minat tersebut akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang lebih spesifik kepada para mahasiswa magister untuk bisa mendukung penyelesaian riset sesuai dengan topik-topik yang mereka tentukan. Sebelum itu, mereka akan mendapatkan materi-materi dasar keilmuan bidang Ilmu Komputer/Informatika yang cukup pada tahun pertama sebagai dasar untuk mempelajari konsep-konsep lanjut di masing-masing bidang minat tersebut.

 

Share