Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Presentasikan Penelitiannya di Konferensi IWBDA 2018

10:38

Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Presentasikan Penelitiannya di Konferensi IWBDA 2018

Salah satu paper penelitian terpilih dari mahasiswa Magister Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya dipresentasikan dalam 4th International Workshop on Big Data Analytics (IWBDA) 2018 yang digelar di Pulai Spring Resort, Johor Bahru, Malaysia (24-25/7/2018). Dia adalah Triando Hamonangan Saragih, salah satu anggota Grup Riset Sistem Cerdas dibawah bimbingan Wayan Firdaus Mahmudy, Ph.D. Adapun judul penelitian yang dipresentasikan adalah “Application of Extreme Learning Machine and Modified Simulated Annealing for Jatropha Curcas Disease Identification”. Meski tidak mendapat penghargaan best paper namun hasil penelitian Triando mampu mengundang ketertarikan pihak juri. Hail ini disebabkan penelitian Triando mengandung sesuatu hal yang baru di bidang terkait terutama 31_Penyerahan_Penghargaan_sebagai_Partisipandalam hal penggunaan metodenya, sehingga diharapkan penelitian ini dapat terus dilanjutkan.  

Untuk diketahui IWBDA merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang bertujuan untuk mempertemukan para peneliti dan praktisi industri guna berbagi ide baru, hasil penelitian, dan pengalaman pengembangan praktis dalam area yang berkaitan dengan Computer Science and Information Systems terutama di bidang Big Data. Makalah ilmiah yang diterima dan dipresentasikan pada IWBDA 2018 akan dimuat dalam International Journal Of Advances In Soft Computing And Its Applications yang merupakan Scopus Index Ranking Q4. IWBDA 2018 memungkinkan peneliti untuk mengikutsertakan makalah ilmiah yang meliputi dua track topik keminatan, yakni Computer dan Information Systems. Topik penelitian meliputi Big Data, Machine Learning, Deep Learning dan lain sebagainya.

Pada IWBDA 2018 terdapat total 22 penelitian yang dipresentasikan oleh presenter dari berbagai kalangan meliputi profesor, dosen hingga mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan. IWBDA 2018 mengundang dua pembicara, yaitu Ms. Hafidah bt Abdul Samat (Head of Digital, ASTRO Awani Malaysia) dan Tuan Hj. Mohd Fahmi bin Salam (Johor Economic Planning Unit, Johor, Malaysia). Dalam IWBDA 2018 ini tidak hanya menggelar konferensi internasional, namun juga terdapat sesi mini workshop dengan juduk “Deep Learning for Beginners” dimana peserta dapat belajar tentang Deep Learning dari berbagai hal sederhana.

 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo