Mahasiswa Magister FILKOM Berhasil Menjadi Salah Satu Best Session Presenter di ICACSIS 2016

14:05

Mahasiswa Magister FILKOM Berhasil Menjadi Salah Satu Best Session Presenter di ICACSIS 2016

Mahasiswa Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil menjadi salah satu “Best Session Presenter” di 8th International Conference on Advanced Computer Science and Information System (ICACSIS) 2016 yang dilaksanakan pada 15-16 Oktober 2016 di Widyaloka Building. Dia adalah Ida Wahyuni mahasiswa Magister Ilmu Komputer angkatan Semester Ganjil 2015 yang tergabung dalam group riset Sistem Cerdas. Dalam konferensi international tersebut Ida mempresentasikan hasil penelitian yang berjudul “Error Numerical Analysis for Result of Rainfall Prediction Between Tsukamoto FIS and Hybrid Tsukamoto FIS with GA”.

Penelitian yang dilakukan Ida Wahyuni dikerjakan bersama seorang dosen pembimbing yaitu Dr.Eng Fitri Utaminingrum, S.T., M.T. Penelitian tersebut membahas mengenai perbandingan error pada prediksi curah hujan yang dihasilkan dari metode  Tsukamoto FIS dan Hybrid Tsukamoto FIS with Genetic Algorithm. Penelitian ini dilakukan Ida sebagai salah satu penelitian pendahuluan untuk tesis yang saat ini sedang dikerjakan. “Tema tesis saya adalah membuat prototype metode yang handal untuk prediksi curah hujan, dan kedua metode yang saya tulis dalam penelitian tersebut adalah salah satu metode pembanding yang saya gunakan dalam tesis saya, jelas Ida”.

            Menjadi salah satu presenter terbaik dalam sebuah konferensi internasional memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi peserta yang mengikuti konferensi internasional berasal dari berbagai negara dan berbagai latar belakang. ICACSIS 2016 adalah konferensi international kedua yang pernah diikuti oleh Ida. Sebelumnya Ida pernah mengikuti ICITISEE 2016 di Yogyakarta dua bulan lalu. Sebelum melakukan presentasi Ida biasanya melakukan persiapan sehari sebelum presentasi dilaksanakan, sehingga performa yang bagus akan didapat saat melakukan presentasi. “Saya sendiri tidak menyangka dapat menjadi salah satu presenter terbaik, saya hanya mempersiapkan diri dengan baik dan berdoa agar semua dapat berjalan dengan lancar. Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum presentasi adalah jangan terlalu gugup, kita harus bisa menyeimbangkan emosi agar tetap tenang dan bisa konsentrasi, jelas Ida.

icacsis2016Rencananya Ida akan mengikuti konferensi internasional lagi di International Conference on Informatics, Robotics, Network, Control, and Systems (IRONCONS) 2016 yang dilaksanakan di Aston Tropicana Hotel, Bandung, Indonesia pada tanggal 23-25 November 2016.  Penelitian yang Ida tulis berhasil lolos dan layak untuk dipresentasikan dalam konferensi IRONCONS 2016 dan rencananya akan publish di jurnal terindex Scopus. Ida akan berangkat ke Bandung bersama dengan teman-temannya di FILKOM yang juga lolos seleksi. Dia berharap dapat mempresentasikan penelitiannya dengan lebih baik lagi dan dapat membawa prestasi bagi almamater. “Saya sangat bersyukur dapat mengikuti konferensi internasional lagi dan berharap dapat memberikan presentasi yang terbaik juga dalam konferensi IRONCONS 2016, tutur Ida.” [edw]

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo