Magister Ilmu Komputer FILKOM UB Gandeng Kumamoto University untuk Program Double Degree

11:54

Magister Ilmu Komputer FILKOM UB Gandeng Kumamoto University untuk Program Double Degree

Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggandeng Kumamoto University Jepang dalam rangka proses kerjasama penyelenggaran Program Double Degree. Hal ini ditandai dengan kunjungan yang dilakukan perwakilan Kumamoto University ke FILKOM UB pada Rabu (30/3/2016). Pada kesempatan itu hadir Prof. Mitsuyo Kishida selaku Director of Joint Education Kumamoto University didampingi oleh Prof Ir Liliek Sulistyowati PhD, Ketua Program Double Degree UB.

Prof Kishida disambut baik oleh Wakil Ketua I bidang Akademik Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, Kepala Magister Ilmu Komputer Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D dan Sekretaris Magister Ilmu Komputer Fitri Utaminingrum, Dr. Eng., S.T, M.T. Dalam pertemuan tersebut sebagai tahap awal proses penyelenggaraan program double degree , maka dibahas mengenai kurikulum yang diberlakukan di Magister Ilmu Komputer FILKOM dan Graduate School of Science and Technology (GSST) Kumamoto University. Hal ini diperlukan untuk membuat skema baru kurikulum yang akan diberlakukan pada progam double degree nantinya. Rencananya pada program double degree mahasiswa peserta akan menempuh studi S2 di FILKOM selama 1 tahun dan 1 tahun di GSST Kumamoto University.

Diungkapkan oleh Prof Kishida bahwa setelah disepakati skema kurikulum untuk pelaksanaan studi double degree FILKOM – Kumamoto University, maka baru akan dilanjutkan dengan pembuatan draft MoU dan penandatangan MoU. Setelah adanya MoU barulah program double degree FILKOM – Kumamoto University dapat mulai diselenggarakan untuk berbagai fakultas dan program studi yang ada di UB.

Bagi peminat program double degree ini diberlakukan beberapa persyaratan antara lain minimal International TOEFL score 530. Selain itu peserta harus memiliki supervisor profesor yang bersedia menjadi pembimbing selama mahasiswa bersangkutan menjalani studinya di Kumamoto University. Penentuan supervisor dapat dilakukan secara mandiri dengan cara menghubungi profesor di Kumamoto University via email atau dengan bantuan dosen Magister Ilmu Komputer yang merupakan alumni Kumamoto University.
“Untuk persyaratan kami hanya menerima internasional TOEFL, bukan TOEFL ITP atau equivalent TOEFL. TOEFL ITP atau equivalent TOEFL bisa diterima hanya untuk mahasiswa yang menerima beasiswa dari institusi bersangkutan seperti beasiswa DIKTI,” jelas Prof. Kisihida. [dna]

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo