Jaringan Berbasis Informasi

Pencarian informasi di era sekarang telah jauh berbeda dengan era awal Internet, dimana informasi selalu berasosiasi dengan lokasi informasi tersebut secara fisik. Dengan semakin besarnya volume data dan begitu tersebarnya lokasi data tersebut, maka paradigma pencarian informasi tidak lagi mementingkan asosiasi informasi dengan lokasinya. Kebutuhan akan arsitektur baru Internet telah sedemikian mencuat dengan keterbatasan-keterbatasan arsitektur Internet yang dihadapi saat ini. Bidang minat Jaringan Berbasis Informasi (Information-Centric Networking – ICN) mempersiapkan mahasiswa Program Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya untuk mampu menjawab kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang jaringan seiring dengan berevolusinya arsitektur jaringan Internet ke depan.

Pencarian informasi di era sekarang telah jauh berbeda dengan era awal Internet, dimana informasi selalu berasosiasi dengan lokasi informasi tersebut secara fisik. Dengan semakin besarnya volume data dan begitu tersebarnya lokasi data tersebut, maka paradigma pencarian informasi tidak lagi mementingkan asosiasi informasi dengan lokasinya.

Kebutuhan akan arsitektur baru Internet telah sedemikian mencuat dengan keterbatasan-keterbatasan arsitektur Internet yang dihadapi saat ini. Bidang minat Jaringan Berbasis Informasi (Information-Centric Networking – ICN) mempersiapkan mahasiswa Program Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya untuk mampu menjawab kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang jaringan seiring dengan berevolusinya arsitektur jaringan Internet ke depan.

Lulusan program magister dengan bidang minat Jaringan Berbasis Informasi diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang kuat di dalam bidang jaringan komputer yang inovatif dan teruji;
  2. Mampu melakukan proses pembelajaran dan internalisasi terhadap berbagai perkembangan teknologi jaringan komputer terkini (state-of-the-art);
  3. Mampu memberikan solusi terhadap sebuah permasalahan melalui rekayasa perangkat lunak dengan pendekatan ilmiah, baik secara inter maupun multi disipliner;
  4. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang memiliki kontribusi bagi keilmuan di bidang rekayasa perangkat lunak dan masyarakat luas, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan/atau internasional.

Lulusan program magister bidang minat Jaringan Berbasis Informasi memiliki peluang yang besar sebagai Enterprise Network Specialist, Data Center Specialist, Network Designer and Analyst, Network Lecturer/Researcher, Multimedia Specialist dan Internet Specialist, pada berbagai sektor baik pendidikan tinggi, lembaga riset, pemerintahan, industri TI maupun industri lain di bidang keteknikan, layanan kesehatan, transportasi, pertambangan, dll.

Selain itu, para lulusan magister juga memiliki kualifikasi untuk melanjutkan risetnya pada jenjang pendidikan doktor (S3) pada bidang Ilmu Komputer/Informatika dengan spesialisasi di bidang Jaringan Berbasis Informasi.

Share