01_kampus_daring_JSI
05:44

Portal Kampus Daring JSI, Penunjang Proses Akademik Perkuliahan di JSI FILKOM UB

Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi di Indonesia pada Maret 2020 lalu, banyak aktivitas sehari-hari maskyarakat yang harus berubah. Tidak terkecuali dengan aktivitas belajar mengajar di Fakultas Ilmu Kompuiter, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Sistem pembelajaran yang biasanya sebagian besar dilakukan secara tatap muka kini harus banyak dilakukan secara daring.

Untuk menunjang proses akademik perkuliahan tersebut maka Jurusan Sistem Informasi (JSI) FILKOM UB membangun portal kampus daring JSI (https://jsi-daring.ub.ac.id/). Dijelaskan oleh Dr. Eng Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Ketua JSI FILKOM UB bahwa Portal Kampus Daring JSI atau JSI-Daring adalah portal web yang dikembangkan sebagai sumber informasi dan panduan dalam proses perkuliahan secara daring dalam situasi pandemik Covid-19. Proses perkuliahan meliputi pembelajaran kelas yang diganti dengan kelas daring serta proses akademik maupun administrasi akademik lainnya seperti administrasi persuratan, Praktik Kerja, Skripsi, dan lain sebagainya.

Fitur utama JSI-Daring meliputi tautan lengkap mata kuliah kelas daring di JSI, pusat Informasi terkait perkuliahan daring, pusat Informasi terkait prosedur akademik dan administrasi akademik secara daring, informasi lowongan PKL/magang daring dan media interaksi mahasiswa dengan JSI secara daring. Proses akademik yang dapat diakses di portal ini meliputi tiga hal. Pertama adalah layanan akademik yang terdiri atas layanan konseling daring, pengurusan surat aktif kuliah dan surat pengantar survei data tugas mata kuliah, serta pengurusan cetak transkrip akademik daring. Kedua adalah layanan PKL yang terdiri atas pendaftaran kelompok PKL Internal JSI, pendaftaran semhas PKL dan pengajuan PKL. Ketiga adalah layanan skripsi dan wisuda yang terdiri atas pengurusan surat pengantar survei data skripsi dan pendaftaran wisuda daring serta validasi Satuan Kegiatan Mahasiswa (SKM). Harapannya portal ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh mahasiswa JSI, sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam menjalani perkuliahan daring selama pandemi Covid-19. [dna]

 

    

 

Share