sambutan_pak_wayan
10:08

Hasil Audiensi Orang Tua Mahasiswa Angkatan 2020 : Bangga Putra & Putrinya Berkuliah di FILKOM UB

Setelah melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Audiensi pada hari Rabu (17/2/2021) akhirnya Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya telah melaksanakan kegiatan Audiensi dengan Orang Tua Mahasiswa Angkatan 2020 pada hari Sabtu (20/2/2021). Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan rencana pada saat rapat yaitu dengan daring melalui Zoom dan disiarkan secara live stream di channel Youtube Fakultas Ilmu Komputer demi menjangkau orang tua atau wali mahasiswa yang kesulitan dalam mengakses atau login Zoom. Rangkaian acara audiensi ini yang pertama sambutan dari Dekan FILKOM UB yaitu Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D., kemudian masuk dalam acara kedua diisi oleh paparan Wakil Dekan I, II, dan III, dan sesi terakhir orang tua mahasiswa diarahkan ke masing-masing jurusan untuk mendapat pengenalan lebih lanjut tentang perkuliahan putra dan putrinya yang disampaikan oleh Ketua Jurusan.

AudienceMasuk dalam sambutan oleh Dekan FILKOM UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh orang tua atau wali mahasiswa yang telah hadir pada acara audiensi ini. Beliau juga berharap masa pandemi ini segera berakhir, sehingga bapak dan ibu orang tua mahasiswa dapat berkunjung ke Universitas Brawijaya khususnya ke FILKOM UB baik pada saat putra dan putrinya melaksanakan yudisium dan wisuda atau pada saat liburan sehingga dapat mengetahui infrastruktur, sarana dan prasarana serta lingkungan di FILKOM UB selama ini. Selain itu dengan acara audiensi ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang baik antara fakultas dengan orang tua mahasiswa sehingga orang tua mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan pimpinan FILKOM UB untuk dapat menyampaikan saran dan pertanyaan.

Masuk dalam papara dari masing-masing Wakil Dekan, untuk­ paparan yang pertama dari Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT., Beliau disini menjelaskan proses akademik dan perkuliahan bagi mahasiswa secara garis besar, dimana menjelaskan bagiamana proses pelaksaan perkuiahan secara daring selama masa pandemi serta tata cara pengajuan tugas akhir atau skripsi. Beliau menghimbau kepada seluruh orang tua mahasiswa agar bekerjasama dalam memantau dan mengawasi proses belajar dan kuliah di rumah selama masa pandemi dan memberikan perhatian lebih terhadap hasil perkuliahan dari putra putrinya.

paparan_pak_wiwidPaparan yang kedua dari Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yaitu Agus Wahyu Widodo, ST., M.Cs. Dalam paparan kedua ini beliau banyak menjelaskan sarana prasarana dan infrastruktur yang ada di FILKOM UB baik sebelum dan sesudah adanya pandemi Covid-19. Banyak infrastruktur serta renovasi yang dikerjakan oleh FILKOM selama masa pandemi ini, selain itu beliau juga menjabarkan satu persatu fasilitas yang berada di dalam gedung-gedung FILKOM. Rencana yang akan dikembangkan oleh FILKOM kedepannya khusunya pada tahun 2021 adalah menciptakan Edutech Garden yaitu taman yang nyaman dan dapat digunakan diskusi mahasiswa, dan taman ini dapat secara tidak langsung menciptakan stimulus untuk pola pikir mahasiswa dalam masa depan. Kemudian mebangun Ruang Kemahasiswaan, Ruang Karir dan Bimbimbingan Konseling, Ruang Pojok Diskusi Mahasiswa, Ruang Informasi Studi Lanjut dan Gedung Kreativitas Mahasiswa yang tinggal menunggu proses finishing.

Paparan Ketiga diisi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yaitu Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom yang menjelaskan kegiatan kemahasiswaan secara garis besar di fakultas, dimana kemahasiswaan disini diartikan sebagai ajang menempa diri mahasiswa dalam berorganisasi, menajamkan penalaran, seni dan olahraga. Beliau juga menyampaikan bahwa kehidupan di kampus tidak hanya mengikuti perkuliahan saja akan tetapi mahasiswa juga diharap untuk ikut aktif dalam kegiatan oraganisasi yang ada di universitas maupun fakultas. Setelah acara paparan dari ketiga Wakil Dekan , host membuka pertanyaan dan saran untuk para orang tua  yang ingin bertanya atau memberikan saran dan respon kepada FILKOM UB. Banyak orang tua yang berpendapat melalui chat Zoom ataupun Live Youtube yang bangga karenak putra putrinya dapat diterima di FILKOM UB, dikarenakan dari segi akademis serta FILKOM yang memiliki sarana dan prasarana lengkap dan dianggap memiliki perkembangan yang signifikan dari fakultas yang baru saja lahir. Selain itu juga terdapat masukan dari orang tua mahasiswa salah satunya dari Kristoko Dwi Hartomo yang menyampaikan perlu adanya standarisasi pembelajaran di FILKOM dimana dosen lebih konsistem dalam menyampaikan materi, karena selama ini terpencar ada yang melalui Zoom atau Google Meet, karena dengan adanya standarisasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran kepada mahasiswa baru, dan lebih mempermuda bagi mahasiswa baru yang bukan berlatar belakang Pendidikan teknologi. Yang kedua perlu ditingkatkan untuk akrditasi prodi yang belum mendapat akreditasi A. Tentunya masukan dari Kristoko tersebut diterima dengan tangan terbuka oleh FILKOM, dikarenakan sangat positif dan bertujuan untuk membangun FILKOM lebih baik lagi untuk kedepannya.

paparan_kajurMasuk dalam sesi terakhir dimana setelah sesi paparan dari Wakil Dekan dan respon dari orang tua mahasiswa dilanjutkan masing-masing orang tua dipisah sesuai jurusan putra putrinya dimana dibagi menjadi dua jurusan yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Dalam sesi ini akan dijelaskan lebih terperinci proses akademik di jurusan yang akan disampaian oleh masing-masing Ketua Jurusan. Masing-masing jurusan hampir sama dalam menyampaikan materinya dimana menjelaskan mengenai IPK yang baik dan seharusnya dicapai oleh mahasiswa, kemudian program magang atau PKL, yang dilanjutkan dalam pembuatan tugas akhir atau skripsi. Masing-masing Ketua Jurusan juga menyampaikan akan ada evaluasi studi kepada mahasiswa jika mahasiswa tersebut mendapatkan IPK minimal 2.00 dan tidak mengalami progress peningkatan dalam setiap semesternya. Tentunya Hal ini juga membutuhkan partisipasi dari orang tua untuk memantau hasil studi dari putra putrinya.

Acara audiensi ini berlangsung menarik karena orang tua mahasiswa sangat antusias mengikuti audiensi dari awal hingga akhir, banyak yang memberi respon positif. Orang tua mahasiswa juga berharap tidak hanya FILKOM saja yang mengadakan audiensi ini, sebaiknya di tingkat Universitas juga melakukan hal yang sama karena selain sifat kegiatan yang positif, orang tua mahasiswa baru juga dapat lebih mengenal kondisi dan kehidupan di kampus selama masa pandemi Covid-19 dan dapat meningkatkan silahturahmi dan komunikasi yang baik antara universitas dengan orang tua atau wali mahasiswa.(drn)

Materi Audiensi dapat diunduh di sini

 

Share